Advertisement

SDN Pakem 4 Menggelar Panen Karya dan Pentas Seni, Ini Tujuannya

Abdul Hamied Razak
Jum'at, 01 Desember 2023 - 01:07 WIB
Abdul Hamied Razak
SDN Pakem 4 Menggelar Panen Karya dan Pentas Seni, Ini Tujuannya SDN Pakem 4 menggelar Panen Karya dan Pentas Seni Peserta Didik dalam kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Even ini mengusung Tema Kearifan Lokal dengan Topik Makananku Budayaku, Kamis (30/11 - 2023) ist

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—SDN Pakem 4 menggelar Panen Karya dan Pentas Seni Peserta Didik dalam kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Even ini mengusung Tema Kearifan Lokal dengan Topik Makananku Budayaku.

Kepala SDN Pakem 4, Sriyana mengatakan seluruh elemen keluarga besar sekolah tersebut terlibat aktif untuk menyukseskan seluruh rangkaian kegiatan P5. "Kami juga memberikan tugas kepada peserta didik untuk praktik bersama dengan keluarga membuat beberapa jenis makanan tradisional sebagai bentuk pengenalan dan praktek langsung," katanya, Kamis (30/11/2023).

Advertisement

BACA JUGA: Debat Capres-Cawapres Digelar 5 Kali, Ini Tema yang Dipersiapkan KPU

Dia berharap dengan mengenalkan kebudayaan daerah dari berbagai sisi kehidupan kepada para siswa maka generasi penerus bangsa tidak akan melupakan jati diri sebagai orang Indonesia. Selain itu, siswa juga diharapkan dapat membangun kehidupan bersama dan membentuk jati diri yang toleran sesuai nilai-nilai Pancasila.

Dia mengatakan, anak-anak Indonesia saat ini lebih mengganggap budaya asing sebagai budaya yang lebih membanggakan dan superior. Salah satunya adalah anak-anak Indonesia lebih popular dan menyukai makanan-makanan dari budaya asing, pakaian-pakaian dari negara lain.

Oleh karenanya, selama pelaksanaan gelar karya peserta didik juga menggunakan pakaian adat agar semakin memperkuat tujuan kegiatan tersebut. Adapun para wali murid dianjurkan mengenakan batik sebagai pakaian yang mencirikan budaya Indonesia juga.

Pada kegiatan gelar karya ini sekolah juga memamerkan berbagai hasil karya kegiatan para peserta didik, pentas seni hasil latihan peserta didik, dan juga bazar makanan-makanan tradisional yang didukung oleh para wali murid.

"Ada beragam tarian tradisional yang disajikan oleh para peserta didik. Ada juga pentas pantomim. Pendidikan yang dapat dilakukan di manapun dan melibatkan siapapun adalah konsep holistik pendidikan," katanya.

BACA JUGA: Kolaborasi Ardhatatu-Puser Bumi Memukau Pengunjung PBD 2023 di Rumah Domes

Dalam hal ini, SDN Pakem 4 mengandeng semua elemen pendidikan untuk ikut terlibat dalam membentuk karakter peserta didik. "Ini dilakukan untuk mengimplementasikan kurikulum merdeka yang ingin menginternalisasikan nilai-nilai Pancasila dalam diri peserta didik dan mengajak keterlibatan semua elemen Pendidikan termasuk orang tua," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Minibus Tertabrak Kereta di Perlintasan Tanpa Palang Pintu Pasuruan, 4 Orang Tewas

News
| Selasa, 07 Mei 2024, 15:57 WIB

Advertisement

alt

Piknik dan Camping di Nawang Jagad Kaliurang: Info Lokasi, Jam Buka, dan Biaya Tiket Masuk

Wisata
| Sabtu, 04 Mei 2024, 09:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement