HomePengabdianumy

KKN UMY 80’ Nengahan Bantu Pengembangan Sistem Informasi Desa Berbasis Pedukuhan

Oleh:Media Digital
20 Januari 2020 - 21:52 WIB

Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) Kelompok 80 Padukuhan Nengahan, Desa Trimurti, Bantul, membantu mengembangan Sistem Informasi Desa (SID) berbasis pedukuhan melalui pelatihan pembuatan website dan akun media sosial, Sabtu (18/1/2020). - Istimewa/UMY

Harianjogja.com, BANTUL—Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) Kelompok 80 Padukuhan Nengahan, Desa Trimurti, Bantul, membantu mengembangan Sistem Informasi Desa (SID) berbasis pedukuhan atau perdusunan.

Melalui Program Kerja Pokok KKN 80, mahasiswa KKN memberikan  pelatihan pengelolaan dan pembuatan konten website desa dan media sosial pada Sabtu (18/1/2020). Mereka juga membantu membuat monografi dan Buku Profil Pedukuhan Nengahan.

Melalui siaran pers, Senin (20/1/2020), Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) KKN Kelompok 80 Adhianty Nurjanah mengatakan pelatihan ini diikuti seluruh pengelola website Desa Trimurti dan Karang Taruna Pedukuhan Nengahan.

“Program Pokok KKN ini dilaksanakan berdasarkan hasil observasi di Pedukuhan Nengahan yang belum memiliki sistem informasi padukuhan baik berupa buku profil, monografi, maupun website serta media sosial,” kata Adhianty yang juga dosen Prodi Ilmu Komunikasi, Fisipol ini.

Padahal, platform-platform tersebut sangat penting untuk mendukung Sistem Informasi Desa (SID) yang efektif menjadi media pelayanan informasi publik.

Pelatihan pembuatan webstite di Pedukuhan Nengahan, Desa Trimurti, Bantul. (Istimewa-UMY)

Pelatihan juga dihadiri Printa Kusumaastuti, perwakilan dari Pemerintah Desa Trimurti.  Dia menyampaikan ucapan terima kasih kepada KKN Kelompok 80 dan menyambut positif pelatihan pembuatan konten website serta media sosial yang dibutuhkan oleh warga Pedukuhan Nengahan.

“Desa Trimurti sudah memiliki website desa, tetapi masing-masing pedukuhan belum memilikinya. Setelah adanya Program KKN Kelompok 80 ini, nanti profil Pedukuhan Nengahan bisa ditautkan dengan website desa sehingga Sistem Informasi Desa benar-benar bisa dimanfaatkan  untuk pelayanan masyarakat dan mendukung kemajuan di Desa Trimurti,” kata Adhianty yang dalam pengabdian masyarakat ini menggunakan skema KKN PPM.

Dalam pelatihan ini, peserta mendapat materi pembuatan website dan akun Instagram serta Facebook. Platform tersebut dapat menginformasikan profil Padukuhan Nengahan, potensi ekonomi, dan kegiatan sosial budaya, secara cepat.

Tag: UMY Editor: Budi Cahyana

Artikel Terkait
UMY dan UMT Bekerja Sama Bantu UMKM di Kulonprogo 2 weeks ago
Disinfektan Udara Buatan Dosen UMY Ini Bisa Hemat Investasi Faskes hingga Ratusan Juta  1 month ago

Berita Pilihan

UMY Bantu Warga Dusun Sonyo Pahami Pentingnya Komunikasi Bencana UMY Kolaborasi dengan PDM Bantul Kembangkan Agribisnis Singkong LP3M UMY Bersama DLH Bantul Wujudkan Kampung Ramah Lingkungan UMKM dan PKK di Dusun Ngebel Dilatih Manajemen Organisasi KKN REG IT 120 UMY Bantu Digital Marketing UMKM di Bantul
Berita Terbaru
Bangkitnya Desa Wisata dan UMKM Di Dusun Soka RT 01 Bersama KKN IT 119 UMY 3 months ago
UMY Bantu Pria dengan Infertilitas untuk Mendapatkan Anak 4 months ago
UMY Teliti Efek Psikologis terhadap Infertilitas Pria Berat 4 months ago
UMY Identifikasi Kualitas Air pada Sistem Penyediaan Air Minum Pedesaan di Kulonprogo 4 months ago
UMY Bantu Budi daya Ikan Lele  Panti Asuhan Muhammadiyah Ahmad Dahlan Kokap 4 months ago

Terpopuler

KKN UMY Adakan Kegiatan Promotif dan Preventif COVID-19 di Wilayah Puskesmas Sedayu I UMY Dampingi Guru-Guru SMA Muhammadiyah Piyungan Mengajar dengan Podcast dan Videocast UMY Dampingi Petani Kanigoro Saptosari Olah Singkong agar Semakin Menarik PKM UMY Latih Manfaatkan Limbah Tempe untuk Pertanian Terpadu Tertib Penggunaan Tanah & Air Jadi Fokus KKN-PPM UMY di Dusun Petung Magelang
KKN 120 UMY Bantu UMKM Manggleng dan Inisiasi Desa Wisata Soka Bantul 4 months ago
Jaringan Komputer di MI Muhammadiyah Pabelan Ditingkatkan 4 months ago
UMY Kaji Pengelolaan SPAM Berbasis Masyarakat di Dusun Plugon Kulonprogo 4 months ago
Panti Asuhan Abu Dzar Al Ghifari Gamping Mendapat Pelatihan Personal Hygiene dan Batik Ecoprint 4 months ago
Deteksi Dini Kanker Payudara dengan Sadari 4 months ago