News

UMKM dan PKK di Dusun Ngebel Dilatih Manajemen Organisasi

Penulis: Media Digital
Tanggal: 31 Januari 2021 - 12:37 WIB
Program KKN-PPM mengadakan program Pelatihan Manajemen Organisasi dan Pelatihan Pembukuan dan Penghitungan Rugi-Laba bagi mitra KKN Reguler IT 119. - Ist/dok UMY

Harianjogja.com, BANTUL- Kelompok Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Reguler IT 119 Universitas Muhammadiyah Yogyakarta mengadakan program Pelatihan Manajemen Organisasi dan Pelatihan Pembukuan dan Penghitungan Rugi-Laba bagi mitra KKN Reguler IT 119.

Mitra tersebut yakni UMKM Batik di Ritmik Pajangan, UMKM Tenun Mozaik, dan Organisasi Sosial PKK Dusun Ngebel, Tamantirto Kasihan, Bantul.

Program Pengabdian Masyarakat Skema Kuliah Kerja Nyata (KKN) PPM berbasis IT ini diketuai oleh Adhianty Nurjanah, yang sekaligus menjadi Dosen Pendamping Lapangan (DPL) Kelompok KKN Reg IT 119 dan beranggotakan Linda Kusumastuti Wardana, dan Iswanto.

Baca juga: HUT ke 11, RSUD Prambanan Gelar Aksi Donor Darah

Adapun tujuan dari Program KKN-PPM ini adalah memberdayakan UMKM Batik Tulis Ritmik Pajangan, UMKM Tenun Mozaik serta Organisasi Sosial yaitu PKK di Dusun Ngebel, Tamantirto.

Kegiatan pengabdian masyarakat ini diawali dengan proses Forum Group Discussion (FGD) bersama mitra untuk menggali permasalahan dan kebutuhan mitra dan kemudian berdiskusi bersama untuk mencari solusi.

Adhianty Nurjanah mengatakan Program Pengabdian Masyarakat Skema KKN PPM ini bertujuan untuk membantu memberdayakan UMKM dan Organisasi Sosial di Bantul dan juga sekaligus merupakan kontribusi nyata UMY bagi pemberdayaan masyarakat khususnya di Bantul terutama di saat pandemi Covid-19.

Baca juga: Kasus Covid-19 Indonesia Tembus 1 Juta, Usulan Lockdown Jawa-Bali Muncul

Hal ini dilakukan melalui rangkaian program kegiatan pelatihan manajemen organisasi kelompok, pelatihan pembukuan dan penghitungan rugi – laba.

"Serta pelatihan digital marketing yang dilakukan secara online dan offline dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan bagi mitra KKN Reg IT yaitu UMKM Batik Tulis Ritmik Pajangan, UMKM Tenun Mozaik serta PKK di Ngebel," kata Adianty yang juga dosen Ilmu Komunikasi UMY tersebut, dalam rilisnya, Minggu (31/1/2021).

Pemilik dari UMKM Tenun Mozaik, Diah Asti Nawang Asri mengatakan sangat senang dan berterimakasih kepada KKN UMY 119 karena dibantu dalam pengelolaan UMKM Tenun Mozaik.

"Melalui kegiatan pelatihan manajemen organisasi dan pembukuan serta penerapan digital marketing, harapan kami UMKM kami makin berkembang, produk tenun kami dapat dipasarkan secara meluas melalui promosi online terutama di saat pandemi Covid-19," tuturnya.

Hal senada juga disampaikan Ari Pemilik UMKM Batik Tulis Ritmik Pajangan. "Adanya program KKN 119 UMY ini membantu UMKM kami khususnya dalam hal pemasaran online, pembuatan merk dan logo serta packaging produk Batik Tulis Ritmik sehingga Batik Tulis Ritmik menjadi lebih menarik untuk dijual," katanya.

Berita Terkait

UMY Berdayakan Petani Ikan Kolam di Mejing Kidul Gamping
Dosen UMY Beri Pelatihan Komunikasi Terapeutik dan Hibah Alat Inframerah Berbasis Android
Selalu Diburu dan Ditunggu Mahasiswa, UMY Bagikan 4.000 Box Menu Buka Puasa Setiap Hari
Abdimas UMY Latih Pengelolaan Wisata di Candi Cetho, Karanganyar

Berita Lainnya

  1. Pejabat Kementan Jadi Tersangka Tahun 2016 Kok Baru Ditahan Sekarang?
  2. Pejabat Negara Kembali Berulah, Kali Ini Korupsi Pupuk
  3. Prakiraan Cuaca Wonogiri Hari Sabtu Ini: Siang Turun Hujan
  4. Prakiraan Cuaca Klaten Hari Sabtu Ini: Sore Hujan Lebat

Berita Terbaru Lainnya

KKN 207 UMY Bangun Motivasi UMKM di Ngijon Sleman
KKN 206 UMY Bantu Tata Kelola Pembukuan UMKM di Toglengan Sleman
UMY dan UMT Bekerja Sama Bantu UMKM di Kulonprogo
Bangkitnya Desa Wisata dan UMKM Di Dusun Soka RT 01 Bersama KKN IT 119 UMY
UMY Bantu Pria dengan Infertilitas untuk Mendapatkan Anak
UMY Teliti Efek Psikologis terhadap Infertilitas Pria Berat
UMY Identifikasi Kualitas Air pada Sistem Penyediaan Air Minum Pedesaan di Kulonprogo
UMY Bantu Budi daya Ikan Lele  Panti Asuhan Muhammadiyah Ahmad Dahlan Kokap
KKN 120 UMY Bantu UMKM Manggleng dan Inisiasi Desa Wisata Soka Bantul
Jaringan Komputer di MI Muhammadiyah Pabelan Ditingkatkan