HomePengabdianumy

LP3M UMY Bersama DLH Bantul Wujudkan Kampung Ramah Lingkungan

Oleh:Media Digital
07 Februari 2021 - 19:07 WIB

LP3M UMY memberikan pelatihan terkait manajemen pengelolaan Bank Sampah di Bank Sampah Mojomanis, Bantul. - Ist/dok UMY

Harianjogja.com, JOGJA- Kelestarian lingkungan menjadi isu yang harus diperhatikan oleh semua sektor. Tak terkecuali Lembaga Penelitian, Publikasi dan Pengadian Masyarakat (LP3M) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) yang berkomitmen untuk mendukung terwujudnya Kampung Ramah Lingkungan di Bantul.

Komitmen ini ditunjukkan melalui program pengabdian masyarakat kolaborasi bersama Dinas Lingkungan Hidup dengan tema Kampung Ramah Lingkungan. Bentuk program ini dilaksanakan dengan mendukung penduduk Mojolegi untuk sadar akan kebersihan lingkungan melalui pembentukan Bank Sampah Mojomanis, pelatihan, dan pemberian hibah alat.

LP3M UMY memberikan pelatihan terkait manajemen pengelolaan Bank Sampah dengan pembicara Jumali, selaku Ketua Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) Salakan Bersemi yang sering menjadi Bank Sampah percontohan di Jogja.

Baca juga: Menarik, Ada Kostum Dinosaurus Ala Anak SMK Bantul. Harga Jual sampai Ratusan Juta

Tidak hanya itu, LP3M UMY turut memberikan hibah bantuan untuk mendukung proses keberlangsungan Bank Sampah Mojomanis di antaranya timbangan duduk, struktur organisasi, papan nama sekretariat organisasi, seragam pengelola Bank Sampah Mojomanis, sarung tangan untuk pemilahan sampah, buku tabungan nasabah, dan buku administrasi.

Kepala Divisi Pengabdian dan Pelayanan Masyarakat LP3M UMY, Adhianty Nurjanah mengatakan pelatihan manajemen organisasi Bank Sampah yang merupakan program pengabdian kolaborasi antar LP3M UMY dengan DLH Kabupaten Bantul.

"Ini adalah wujud nyata bahwa UMY berkontribusi dalam hal pemberdayaan masyarakat terutama mendukung Pemerintah Kabupaten Bantul mewujudkan kampung ramah lingkungan dengan pilot project-nya di Mojolegi, Karangtengah, Bantul," katanya, dalam rilis, Minggu (7/2/2021).

Baca juga: Tempat Pemakaman Umum untuk Jenazah Covid-19 di Tilaman Bantul Masih Kosong

Ketua Pengurus Bank Sampah Mojomanis, Lisa Susanti mengatakan sangat terbantu dengan program dari LP3M UMY ini. "Kami menjadi semangat dan mengetahui langkah apa yang harus kami lakukan untuk mengembangkan Bank Sampah Mojomanis serta bagaimana turut serta mewujudkan Mojolegi sebagai Kampung Ramah Lingkungan,” tuturnya.

Kegiatan ini juga dihadiri Gatot Supangkat selaku Kepala LP3M UMY, Wahid selaku Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Bantul, Haryanto Lurah Karangtengah, Imogiri, serta Sriyadi Dosen UMY yang turut hadir dalam kegiatan Penyerahan Hibah Bantuan dan Pelatihan Manajemen Pengelolaan Bank Sampah.

Kegiatan pemberian hibah dan proses pelatihan manajemen organisasi diterima dengan sangat baik dan antusias oleh peserta untuk mendapatkan ilmu yang akan bermanfaat diterapkan pada Bank Sampah Mojomanis.

Tag: UMY Editor: Nina Atmasari

Artikel Terkait
KKN UMY 80’ Nengahan Bantu Pengembangan Sistem Informasi Desa Berbasis Pedukuhan 1 year ago
Haedar Nashir Jadi Guru Besar, Presiden Jokowi Beri Perhatian Khusus 1 year ago
Desa Purwobinangun Percayakan Seleksi Pamong Desa kepada UMY 2 years ago
UMY Host Pelatihan dan Sertifikasi Reviewer Penelitian 2 years ago
UMY Raih Bintang Tiga Kluster Mandiri Kategori Penelitian dan Kluster Unggul Kategori Pengabdian 2 years ago

Berita Pilihan

UMY Bantu Warga Dusun Sonyo Pahami Pentingnya Komunikasi Bencana UMY Kolaborasi dengan PDM Bantul Kembangkan Agribisnis Singkong LP3M UMY Bersama DLH Bantul Wujudkan Kampung Ramah Lingkungan UMKM dan PKK di Dusun Ngebel Dilatih Manajemen Organisasi KKN REG IT 120 UMY Bantu Digital Marketing UMKM di Bantul
Berita Terbaru
Bangkitnya Desa Wisata dan UMKM Di Dusun Soka RT 01 Bersama KKN IT 119 UMY 2 months ago
UMY Bantu Pria dengan Infertilitas untuk Mendapatkan Anak 2 months ago
UMY Teliti Efek Psikologis terhadap Infertilitas Pria Berat 2 months ago
UMY Identifikasi Kualitas Air pada Sistem Penyediaan Air Minum Pedesaan di Kulonprogo 2 months ago
UMY Bantu Budi daya Ikan Lele  Panti Asuhan Muhammadiyah Ahmad Dahlan Kokap 2 months ago

Terpopuler

KKN UMY Adakan Kegiatan Promotif dan Preventif COVID-19 di Wilayah Puskesmas Sedayu I UMY Dampingi Guru-Guru SMA Muhammadiyah Piyungan Mengajar dengan Podcast dan Videocast UMY Dampingi Petani Kanigoro Saptosari Olah Singkong agar Semakin Menarik PKM UMY Latih Manfaatkan Limbah Tempe untuk Pertanian Terpadu Tertib Penggunaan Tanah & Air Jadi Fokus KKN-PPM UMY di Dusun Petung Magelang
KKN 120 UMY Bantu UMKM Manggleng dan Inisiasi Desa Wisata Soka Bantul 2 months ago
Jaringan Komputer di MI Muhammadiyah Pabelan Ditingkatkan 2 months ago
UMY Kaji Pengelolaan SPAM Berbasis Masyarakat di Dusun Plugon Kulonprogo 2 months ago
Panti Asuhan Abu Dzar Al Ghifari Gamping Mendapat Pelatihan Personal Hygiene dan Batik Ecoprint 2 months ago
Deteksi Dini Kanker Payudara dengan Sadari 2 months ago