HomePengabdianumy

UMY Kolaborasi dengan PDM Bantul Kembangkan Agribisnis Singkong

Oleh:Media Digital
08 Maret 2021 - 12:57 WIB

Kegiatan pelatihan pengembangan hasil Singkong serta hibah 5.000 bibit singkong. - Ist/dok UMY

Harianjogja.com, JAKARTA- Sebagai negara dengan julukan agraris, sangat penting untuk mengembangkan dan memberdayakan pegiat agraris agar semakin maju dan mandiri. Upaya dalam mengembangkan potensi agraris ini dapat berupa pemberdayaan masyarakat untuk mengolah hasil pertanian menjadi agribisnis atau usaha dengan hasil tani.

Merespon hal tersebut Sabtu 6 Maret 2021, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) menjalankan komitmen Tri Dharma Perguruan tinggi berupa kolaborasi bersama Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Bantul pada skema Pengabdian Berbasis Persyarikatan Muhammadiyah (PPM-Muhammadiyah) melalui program pelatihan pengembangan hasil Singkong serta hibah 5000 bibit singkong.

Program pengabdian skema PPM ini diketuai oleh Gatot Supangkat, dan beranggotakan Gunawan Budianto, Adhianty Nurjanah dan Budi Nugroho. Program ini menghadirkan peserta perwakilan PRM dan PCM Bantul yang memiliki tujuan yakni meningkatkan nilai jual singkong dengan mengembangkan Agribisnis singkong melalui pengelolaan tepung Mocaf (Modified Cassava Flour). Tepung mocaf merupakan tepung sebaguna yang dihasilkan dari olahan singkong.

Baca juga: Presiden Jokowi Akan Saksikan Vaksinasi 500 Seniman di Padepokan Seni Bagong Kussudiardja

Sudarmini sebagai narasumber acara pelatihan pembuatan Mocaf menyampaikan bahwa singkong dapat dikembangkan menjadi Mocaf agar mendapatkan nilai jual yang lebih tinggi.

“Singkong yang diolah menjadi Mocaf dapat mengoptimalkan penjualan singkong, selain itu tepung mocaf yang melalui proses fermentasi ini bebas gluten yang dapat digunakan untuk diet,” ujar Sudarmi yang juga menjabat sebagai dosen di Universitas Ahmad Dahlan.

Beliau juga membawa produk-produk dari singkong hasil karyanya yang telah diolah menjadi makanan kemasan maupun yang masih menjadi Mocaf. Beliau menambahkan jika Mocaf buatannya tidak mengandung Gluten sehingga aman untuk siapapun khususnya bagi penderita autis.

Gatot Supangkat selaku Kepala LP3M UMY sekaligus narasumber pada pelatihan Pengembangan Agribisnis Singkong ini turut menyampaikan beragam varietas singkong yang adaptif, mendapatkan hasil singkong dengan produksi yang tinggi, serta memberikan wawasan mengenai budidaya tanaman singkong yang efektif dan efisien.

Baca juga: Selain Seng, Ini Sejumlah Suplemen yang Diperlukan untuk Tubuh

“Warga Muhammadiyah secara berjamaah harus bisa untuk meningkatkan ekonomi ummat dan tidak bergantung dengan keadaan ekonomi yang tak menentu saat ini. Melalui program pengabdian masyarakat ini kami berharap dapat memajukan PRM dan PCM Bantul melalui pengelolaan agribisnis Singkong," ujar Gatot Supangkat.

Dalam sambutannya Rektor Univeristas Muhammadiyah Yogyakarta, Gunawan Budiyanto, menyampaikan bahwa singkong dapat mempunyai nilai tinggi hingga 5 kali lipat jika diolah dan dikemas dengan baik. Program pengabdian ini turut dihadiri oleh Ketua Majelis Pemberdayaan Masyarakat, Edy Suhariyanta, Kepala Pengabdian Masyarakat UMY, Adhiyanty Nurjanah dan Kepala Divisi Penerbitan UMY, Budi Nugroho.

Ketua Majelis Pemberdayaan Masyarakat, Edy Suhariyanta mewakili PRM dan PCM Bantul mengucapkan terimakasih atas hibah 5.000 batang tanaman singkong yang diberikan oleh UMY. "Kami sudah menanam 5.000 batang tanaman singkong tersebut dan akan melakukan terobosan agar singkong dapat bernilai jual saat panen besar. Pelatihan Pembuatan Mocaf ini merupakan upaya dalam mensiasati pascapanen singkong,” jelasnya.

Pelaksanaan kegiatan ini dihadiri kurang lebih 50 peserta dengan 2 kloter pelatihan. Peserta mengikuti acara pelatihan dengan penuh antusias, dilihat dari semangat dan keseriusan peserta dalam mengikuti sesi pemaparan materi dan praktek membuat mocaf secara langsung.

Tag: UMY Editor: Nina Atmasari

Artikel Terkait
KKN UMY 80’ Nengahan Bantu Pengembangan Sistem Informasi Desa Berbasis Pedukuhan 1 year ago
Haedar Nashir Jadi Guru Besar, Presiden Jokowi Beri Perhatian Khusus 1 year ago
Desa Purwobinangun Percayakan Seleksi Pamong Desa kepada UMY 2 years ago
UMY Host Pelatihan dan Sertifikasi Reviewer Penelitian 2 years ago
UMY Raih Bintang Tiga Kluster Mandiri Kategori Penelitian dan Kluster Unggul Kategori Pengabdian 2 years ago

Berita Pilihan

UMY Bantu Warga Dusun Sonyo Pahami Pentingnya Komunikasi Bencana UMY Kolaborasi dengan PDM Bantul Kembangkan Agribisnis Singkong LP3M UMY Bersama DLH Bantul Wujudkan Kampung Ramah Lingkungan UMKM dan PKK di Dusun Ngebel Dilatih Manajemen Organisasi KKN REG IT 120 UMY Bantu Digital Marketing UMKM di Bantul
Berita Terbaru
Bangkitnya Desa Wisata dan UMKM Di Dusun Soka RT 01 Bersama KKN IT 119 UMY 2 months ago
UMY Bantu Pria dengan Infertilitas untuk Mendapatkan Anak 2 months ago
UMY Teliti Efek Psikologis terhadap Infertilitas Pria Berat 2 months ago
UMY Identifikasi Kualitas Air pada Sistem Penyediaan Air Minum Pedesaan di Kulonprogo 2 months ago
UMY Bantu Budi daya Ikan Lele  Panti Asuhan Muhammadiyah Ahmad Dahlan Kokap 2 months ago

Terpopuler

KKN UMY Adakan Kegiatan Promotif dan Preventif COVID-19 di Wilayah Puskesmas Sedayu I UMY Dampingi Guru-Guru SMA Muhammadiyah Piyungan Mengajar dengan Podcast dan Videocast UMY Dampingi Petani Kanigoro Saptosari Olah Singkong agar Semakin Menarik PKM UMY Latih Manfaatkan Limbah Tempe untuk Pertanian Terpadu Tertib Penggunaan Tanah & Air Jadi Fokus KKN-PPM UMY di Dusun Petung Magelang
KKN 120 UMY Bantu UMKM Manggleng dan Inisiasi Desa Wisata Soka Bantul 2 months ago
Jaringan Komputer di MI Muhammadiyah Pabelan Ditingkatkan 2 months ago
UMY Kaji Pengelolaan SPAM Berbasis Masyarakat di Dusun Plugon Kulonprogo 2 months ago
Panti Asuhan Abu Dzar Al Ghifari Gamping Mendapat Pelatihan Personal Hygiene dan Batik Ecoprint 2 months ago
Deteksi Dini Kanker Payudara dengan Sadari 2 months ago