News

UMY Bantu Warga Dusun Sonyo Pahami Pentingnya Komunikasi Bencana

Penulis: Media Digital
Tanggal: 09 Mei 2021 - 12:05 WIB
Program Pengabdian Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta berkontribusi membantu masyarakat Dusun Sonyo memberikan pelatihan pentingnya komunikasi bencana berbasis komunitas, pada Sabtu (8/5/2021). - Ist/dok UMY

Harianjogja.com, KULONPROGO- Ketika bencana alam terjadi, komunikasi bencana yang efektif sangat diperlukan. Hal ini dilakukan untuk meminimalisasi korban jiwa. Dusun Sonyo Desa Jatimulyo Girimulyo Kulonprogo merupakan dusun yang rawan akan bencana tanah longsor terutama di saat musim penghujan.

Komunikasi dan kerjasama  yang melibatkan pemerintah desa setempat dengan tokoh masyarakat setempat seperti kepala dukuh, ketua RT, ketua RW serta karang taruna dan masyarakat terdampak sangat mendukung tercapainya komunikasi bencana yang efektif. Melalui program Pengabdian Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta berkontribusi membantu masyarakat Dusun Sonyo memberikan pelatihan pentingnya komunikasi bencana berbasis komunitas, pada Sabtu (8/5/2021).

Program Pengabdian kepada Masyarakat yang diketuai oleh Adhianty Nurjanah dan beranggotakan Iswanto  dan Linda Kusumawati Wardana ini memberikan pelatihan pentingnya komunikasi bencana berbasis komunitas pada tokoh masyarakat (dukuh, RT, RW dan karangtaruna). Selain itu, juga mengadakan FGD terkait rancangan pembuatan alat deteksi dini tanah longsor di dusun tersebut.

Pada kesempatan itu juga UMY membantu masyarakat dusun Sonyo melalui pemberian hibah alat yang sangat dibutuhkan pada saat bencana tanah longsor seperti gergaji mesin, lampu senter serta alat pelindung diri (APD).

“Program pengabdian masyarakat ini merupakan kontribusi nyata UMY membantu masyarakat sehingga mampu berdaya dan mengatasi masalah pada saat menghadapi pra, saat, dan pasca terjadinya tanah longsor,” jelas Adhianty selaku dosen Ilmu Komunikasi sekaligus Ketua Pelaksana program PKM ini.

 Hadir pada saat pelatihan, kepala dukuh Sonyo Jatimulyo Suranto.  “Saya sangat mengucapkan terima kasih kepada Tim Pengadian UMY karena telah peduli dan membantu masyarakat  Dusun Sonyo dan berharap program pengabdian ini bisa dilanjutkan di dusun kami berharap saat bencana tanah longsor terjadi masyarakat makin siap dan tidak ada lagi korban jiwa,” katanya.

Berita Terkait

UMY Berdayakan Petani Ikan Kolam di Mejing Kidul Gamping
Dosen UMY Beri Pelatihan Komunikasi Terapeutik dan Hibah Alat Inframerah Berbasis Android
Selalu Diburu dan Ditunggu Mahasiswa, UMY Bagikan 4.000 Box Menu Buka Puasa Setiap Hari
Abdimas UMY Latih Pengelolaan Wisata di Candi Cetho, Karanganyar

Berita Lainnya

  1. Jokowi Temui Seniman di Taman Balekambang Solo, Ini yang Disampaikan
  2. Ini Rencana Kunjungan Presiden Jokowi di Solo Setelah Jadi Wali Nikah
  3. Pernikahan Adik Jokowi dengan Ketua MK, Istana Bantah Terkait Politik
  4. Sah Suami Istri! Ini Mahar Pernikahan Adik Jokowi & Ketua MK

Berita Terbaru Lainnya

KKN 207 UMY Bangun Motivasi UMKM di Ngijon Sleman
KKN 206 UMY Bantu Tata Kelola Pembukuan UMKM di Toglengan Sleman
UMY dan UMT Bekerja Sama Bantu UMKM di Kulonprogo
Bangkitnya Desa Wisata dan UMKM Di Dusun Soka RT 01 Bersama KKN IT 119 UMY
UMY Bantu Pria dengan Infertilitas untuk Mendapatkan Anak
UMY Teliti Efek Psikologis terhadap Infertilitas Pria Berat
UMY Identifikasi Kualitas Air pada Sistem Penyediaan Air Minum Pedesaan di Kulonprogo
UMY Bantu Budi daya Ikan Lele  Panti Asuhan Muhammadiyah Ahmad Dahlan Kokap
KKN 120 UMY Bantu UMKM Manggleng dan Inisiasi Desa Wisata Soka Bantul
Jaringan Komputer di MI Muhammadiyah Pabelan Ditingkatkan