News

UMY Dampingi Guru-Guru SMA Muhammadiyah Piyungan Mengajar dengan Podcast dan Videocast

Penulis: Media Digital
Tanggal: 15 Juli 2021 - 16:57 WIB
Tim pengabdian UMY menggelar pelatihan pembuatan Podcast dan Videocast bagi guru-guru SMA Muhammadiyah Piyungan di Lab Ilmu Komunikasi UMY pada Kamis (1/2). - Istimewa

Harianjogja.com, BANTUL - Tim pengabdian UMY menggelar pelatihan pembuatan Podcast dan Videocast bagi guru-guru SMA Muhammadiyah Piyungan di Lab Ilmu Komunikasi UMY pada Kamis (1/2). Acara ini dihadiri empat guru dan pada kesempatan ini mendapatkan materi cara pembuatan naskah Podcast kemudian praktek merekam audio menggunakan aplikasi Anchor FM dan menguploadnya di Spotify lalu dilanjutkan materi terakhir memasukan file audio ke slide presentasi dan mengolahnya menjadi konten Videocast.

Salah satu peserta Sholu Ratih mengungkapkan ini adalah kali pertama membuat materi pembelajaran dalam format Podcast, walaupun ia sudah sering mendengarkan podcast melalui Spotify sebelumnya. Guru pengampu mata pelajaran Geografi ini berkata, "Ternyata bisa ya bikin podcast lewat ponsel saya."

Pelatihan ini merupakan rangkaian dari program pendampingan pembuatan konten pembelajaran dalam format podcast dan videocast yang dilakukan oleh tim pengabdian masyarakat UMY di SMA Muhammadiyah Piyungan, tahun ini pendampingan telah memasuki tahun ke dua dan berfokus pada konten pembelajaran. Ketua program pengabdian masyarakat Erwan Sudiwijaya menjelaskan bahwa program pendampingan tahun ini didasarkan pada temuan masalah pembatasan fisik untuk mencegah penularan wabah Covid 19 membuat pembelajaran dilakukan secara jarak jauh dengan media aplikasi chatting Whatsapp. Dosen Ilmu Komunikasi ini menjelaskan secara teknis setiap kelas membuat grup Whatsapp yang di-admin oleh wali kelas dan berisi guru mata pelajaran serta siswa. Proses pemberian materi, tanya jawab hingga pengumpulan tugas dilakukan pada media tersebut. Masalah awal mulai muncul karena beberapa siswa berasal dari panti asuhan yang hanya memiliki satu gawai pintar untuk digunakan beberapa siswa, sehingga mereka harus bergantian dalam belajar menggunakan gawai pintar.

Hasil dari pendampingan ini adalah guru di SMA Muhammadiyah Piyungan telah mampu membuat materi pembelajaran digital berformat audio yang diupload di Spotify, sehingga materi pembelajaran kini dapat diakses melalui gadget apa saja. Untuk meningkatkan produktifitas guru dalam memproduksi konten podcast dan videocast tim pengabdian masyarakat UMY pun memberikan hibah satu studio rekaman audio yang kami set up di perpustakaan. (ADV)

Berita Terkait

UMY Berdayakan Petani Ikan Kolam di Mejing Kidul Gamping
Dosen UMY Beri Pelatihan Komunikasi Terapeutik dan Hibah Alat Inframerah Berbasis Android
Selalu Diburu dan Ditunggu Mahasiswa, UMY Bagikan 4.000 Box Menu Buka Puasa Setiap Hari
Abdimas UMY Latih Pengelolaan Wisata di Candi Cetho, Karanganyar

Berita Lainnya

  1. Perankan Tokoh Gepeng dalam Film Srimulat, Bio One Riset Lapangan
  2. Jokowi Temui Seniman di Taman Balekambang Solo, Ini yang Disampaikan
  3. Ini Rencana Kunjungan Presiden Jokowi di Solo Setelah Jadi Wali Nikah
  4. Pernikahan Adik Jokowi dengan Ketua MK, Istana Bantah Terkait Politik

Berita Terbaru Lainnya

KKN 207 UMY Bangun Motivasi UMKM di Ngijon Sleman
KKN 206 UMY Bantu Tata Kelola Pembukuan UMKM di Toglengan Sleman
UMY dan UMT Bekerja Sama Bantu UMKM di Kulonprogo
Bangkitnya Desa Wisata dan UMKM Di Dusun Soka RT 01 Bersama KKN IT 119 UMY
UMY Bantu Pria dengan Infertilitas untuk Mendapatkan Anak
UMY Teliti Efek Psikologis terhadap Infertilitas Pria Berat
UMY Identifikasi Kualitas Air pada Sistem Penyediaan Air Minum Pedesaan di Kulonprogo
UMY Bantu Budi daya Ikan Lele  Panti Asuhan Muhammadiyah Ahmad Dahlan Kokap
KKN 120 UMY Bantu UMKM Manggleng dan Inisiasi Desa Wisata Soka Bantul
Jaringan Komputer di MI Muhammadiyah Pabelan Ditingkatkan