News

Masjid Muhammadiyah Se-DIY Direvitalisasi

Penulis: Media Digital
Tanggal: 27 Agustus 2021 - 13:57 WIB
Lembaga Pengabdian Masyarakat (LPM) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) bersama dengan Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Yogyakarta melaksanakan kolaborasi dalam program Pengabdian Masyarakat berbasis Persyarikatan Muhammadiyah untuk merevitalisasi masjid dan mushola Muhammadiyah se DIY. - Istimewa

Harianjogja.com, JOGJA—Masjid dan musala merupakan bagian terpenting dalam pengembangan dakwah persyarikatan Muhammadiyah. Masjid dan musala tidak hanya berfungsi sebagai tempat ibadah harian tetapi juga merupakan institusi yang bisa menyatukan umat, baik dalam bidang agama, pendidikan, sosial, politik, ekonomi dan lainnya.

Berkaitan dengan hal ini, Lembaga Pengabdian Masyarakat (LPM) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) bersama dengan Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Yogyakarta melaksanakan kolaborasi dalam program Pengabdian Masyarakat berbasis Persyarikatan Muhammadiyah untuk merevitalisasi masjid dan mushola Muhammadiyah se DIY.

Kegiatan pengabdian masyarakat ini terdiri dari pelatihan dan pendampingan kepada takmir masjid dan mushola Muhammadiyah se-DIY. Kemudian ialah pemberian hibah alat yang dapat mendukung revitalisasi masjid dan mushola Muhammadiyah se-DIY.

Program pengabdian ini dilakukan di 5 lokasi DIY yaitu Pimpinan Daerah Muhammadiyah Bantul, Kulon Progo, Sleman, Gunung Kidul, dan Kota Jogja.

Untuk agenda pemberian hibah alat dilaksanakan selama 2 hari. Hari pertama yaitu Kamis (26/08), di 3 titik yaitu Bantul, Kulonprogo, dan Sleman. Untuk penyerahan hibah kedua dilaksanakan hari selanjutnya, Jumat (27/08), di 2 titik tersisa yaitu Gunung Kidul dan Kota Jogja. Barang yang dihibahkan berupa buku dan prasasti tanda nama masjid yang bersangkutan. Buku yang diberikan berupa buku khutbah dan tuntutan sholat.

Program pengabdian masyarakat ini berbasis kolaborasi dengan persyarikatan Muhammadiyah. Lembaga Muhammadiyah yang terlibat dalam pengabdian ini yaitu LPCR, Majelis Wakaf, Majelis Tabligh Muhammadiyah, dan Majelis Tarjih.

Kepala Lembaga Pengabdian Masyarakat UMY, Dr. Ir. Gatot Supangkat, M.P, IPM, mengucapkan terima kasih atas kerja samanya. Harapannya agar hibah ini bermanfaat kepada jama’ah Masjid Muhammadiyah di DIY. Dr. Adhianty Nurjanah S.Sos, M.Si selaku Kepala Divisi Pengabdian Masyarakat LPM UMY mengungkapkan bahwa program Pengabdian Masyarakat Kolaboratif berbasis persyarikatan Muhammadiyah menjadi program rutin LPM UMY. “Program ini rutin dilaksanakan LPM UMY dalam rangka ikut membantu memberdayakan persyarikatan Muhammadiyah khususnya masjid Muhammadiyah se DIY, agar bisa menjadi sarana dakwah Muhammadiyah yang berkemajuan” ungkapnya.

Kegiatan ini merupakan bukti nyata bahwa meski pandemi Covid-19 UMY melalui LPM UMY tetap menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat untuk merevitalisasi masjid dan mushola Muhammadiyah se DIY. Meski diagendakan secara offline, LPM dan segenap pihak yang terlibat tetap melaksanakan protokol kesehatan. (ADV)

 

Berita Terkait

UMY Berdayakan Petani Ikan Kolam di Mejing Kidul Gamping
Dosen UMY Beri Pelatihan Komunikasi Terapeutik dan Hibah Alat Inframerah Berbasis Android
Selalu Diburu dan Ditunggu Mahasiswa, UMY Bagikan 4.000 Box Menu Buka Puasa Setiap Hari
Abdimas UMY Latih Pengelolaan Wisata di Candi Cetho, Karanganyar

Berita Lainnya

  1. Pejabat Negara Kembali Berulah, Kali Ini Korupsi Pupuk
  2. Prakiraan Cuaca Wonogiri Hari Sabtu Ini: Siang Turun Hujan
  3. Prakiraan Cuaca Klaten Hari Sabtu Ini: Sore Hujan Lebat
  4. Dugaan Penyimpangan Impor Sapi Diadukan ke Mabes Polri

Berita Terbaru Lainnya

KKN 207 UMY Bangun Motivasi UMKM di Ngijon Sleman
KKN 206 UMY Bantu Tata Kelola Pembukuan UMKM di Toglengan Sleman
UMY dan UMT Bekerja Sama Bantu UMKM di Kulonprogo
Bangkitnya Desa Wisata dan UMKM Di Dusun Soka RT 01 Bersama KKN IT 119 UMY
UMY Bantu Pria dengan Infertilitas untuk Mendapatkan Anak
UMY Teliti Efek Psikologis terhadap Infertilitas Pria Berat
UMY Identifikasi Kualitas Air pada Sistem Penyediaan Air Minum Pedesaan di Kulonprogo
UMY Bantu Budi daya Ikan Lele  Panti Asuhan Muhammadiyah Ahmad Dahlan Kokap
KKN 120 UMY Bantu UMKM Manggleng dan Inisiasi Desa Wisata Soka Bantul
Jaringan Komputer di MI Muhammadiyah Pabelan Ditingkatkan