HomePengabdianumy

Petani Salak Dilatih Pemasaran Digital

Oleh:Media Digital
11 September 2021 - 13:57 WIB

Kelompok mahasiswa KKN 154 dari Universitas Muhammadiyah Yogyakarta di bawah dampingan salah satu dosen Diah Setyawati Dewanti, M.Sc., PhD. - Istimewal

Harianjogja.com, JOGJA - Produk pertanian salak di Sleman menjadi salah satu produk andalan oleh-oleh yang banyak dicari oleh wisatawan lokal dan mancanegara. 

Buah salak dari Sleman merupakan produk pertanian yang memiliki kerentanan dalam penyimpanan. Oleh karena itu, produk olahan buah salak memberikan nilai tambah bagi petani salak. 

Selama pandemi Covid-19, pemberlakuan PPKM menurunkan omzet bagi kelompok tani Salak dikarenakan turunnya wisatawan. Oleh karena itu, kelompok mahasiswa KKN 154 dari Universitas Muhammadiyah Yogyakarta di bawah dampingan salah satu dosen Diah Setyawati Dewanti, M.Sc., PhD yang merupakan dosen dari Prodi Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis membantu mendampingi kelompok tani produk salak untuk dapat memasarkan produknya secara online. 

"Beberapa kegiatan telah dilaksanakan berupa pelatihan pemasaran digital bagi kelompok tani dan kelompok usaha produk olahan salak," kata Diah.

Pendampingan ini dilakukan secara terus menerus sejak Februari 2021 hingga sekarang. Diawali dengan mengubah kemasan produk menjadi lebih ringkas dan menarik untuk dipasarkan. Pembuatan aplikasi pemasaran online dilakukan sejak bulan Maret dan terus didampingi dalam pemasaran secara online. 

Dua produk olahan salak memiliki kemasan baru dan dapat dipesan melalui berbagai aplikasi pemasaran online. Selain pendampingan pemasaran online, kelompok KKN IT Reguler UMY juga memberikan edukasi dan pendampingan tentang budikdamber atau budidaya ikan dalam ember bagi pengusaha pengolah buah salak. (ADV)

 

Tag: UMY Editor: Budi Cahyana

Artikel Terkait
KKN UMY 80’ Nengahan Bantu Pengembangan Sistem Informasi Desa Berbasis Pedukuhan 1 year ago
Haedar Nashir Jadi Guru Besar, Presiden Jokowi Beri Perhatian Khusus 1 year ago
Desa Purwobinangun Percayakan Seleksi Pamong Desa kepada UMY 2 years ago
UMY Host Pelatihan dan Sertifikasi Reviewer Penelitian 2 years ago
UMY Raih Bintang Tiga Kluster Mandiri Kategori Penelitian dan Kluster Unggul Kategori Pengabdian 2 years ago

Berita Pilihan

UMY Bantu Warga Dusun Sonyo Pahami Pentingnya Komunikasi Bencana UMY Kolaborasi dengan PDM Bantul Kembangkan Agribisnis Singkong LP3M UMY Bersama DLH Bantul Wujudkan Kampung Ramah Lingkungan UMKM dan PKK di Dusun Ngebel Dilatih Manajemen Organisasi KKN REG IT 120 UMY Bantu Digital Marketing UMKM di Bantul
Berita Terbaru
Bangkitnya Desa Wisata dan UMKM Di Dusun Soka RT 01 Bersama KKN IT 119 UMY 2 months ago
UMY Bantu Pria dengan Infertilitas untuk Mendapatkan Anak 2 months ago
UMY Teliti Efek Psikologis terhadap Infertilitas Pria Berat 2 months ago
UMY Identifikasi Kualitas Air pada Sistem Penyediaan Air Minum Pedesaan di Kulonprogo 2 months ago
UMY Bantu Budi daya Ikan Lele  Panti Asuhan Muhammadiyah Ahmad Dahlan Kokap 2 months ago

Terpopuler

KKN UMY Adakan Kegiatan Promotif dan Preventif COVID-19 di Wilayah Puskesmas Sedayu I UMY Dampingi Guru-Guru SMA Muhammadiyah Piyungan Mengajar dengan Podcast dan Videocast UMY Dampingi Petani Kanigoro Saptosari Olah Singkong agar Semakin Menarik PKM UMY Latih Manfaatkan Limbah Tempe untuk Pertanian Terpadu Tertib Penggunaan Tanah & Air Jadi Fokus KKN-PPM UMY di Dusun Petung Magelang
KKN 120 UMY Bantu UMKM Manggleng dan Inisiasi Desa Wisata Soka Bantul 2 months ago
Jaringan Komputer di MI Muhammadiyah Pabelan Ditingkatkan 2 months ago
UMY Kaji Pengelolaan SPAM Berbasis Masyarakat di Dusun Plugon Kulonprogo 2 months ago
Panti Asuhan Abu Dzar Al Ghifari Gamping Mendapat Pelatihan Personal Hygiene dan Batik Ecoprint 2 months ago
Deteksi Dini Kanker Payudara dengan Sadari 2 months ago