Pengabdian UMY

KKN 120 UMY Bantu UMKM Manggleng dan Inisiasi Desa Wisata Soka Bantul

Penulis: Media Digital
Tanggal: 24 September 2021 - 21:37 WIB
Kelompok Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Reguler IT 120Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) memberdayakan mitra UMKM Manggleng Zafih agar semakin maju dan berkembang melalui kegiatan Digital Marketing dan hibah barang serta Inisiasi Desa Wisata Soka Bantul. - Istimewa

Harianjogja.com, BANTUL—Pandemi Covid-19 membawa sejumlah masalah sosial hingga ekonomi. Hal ini tak luput pada turunnya produktivitas dan pendapatan UMKM. Menindaklanjuti masalah tersebut, Kelompok Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Reguler IT 120 Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) mengambil peran untuk memberdayakan mitra UMKM Manggleng Zafih agar semakin maju dan berkembang melalui kegiatan Digital Marketing dan hibah barang serta Inisiasi Desa Wisata Soka Bantul.

Pengabdian Skema Kuliah Kerja Nyata (KKN) PPM berbasis IT yang didampingi oleh Dr. Adhianty Nurjanah, S.Sos., M.Si selaku dosen pembimbing lapangan ini adalah solusi untuk menerapkan pemberdayaan masyarakat meskipun dalam keterbatasan pada saat pandemic sekaligus menjadi bekal untuk mahasiswa menerapkan keilmuannya kepada masyarakat.

 “Melalui KKN berbasis IT dan program pengabdian dengan pendekatan IT berupa pemasaran menggunakan WhatssApp, Instagram, dan Shopee ini nantinya akan memudahkan mitra untuk memasarkan produknya sehingga diharapkan akan semakin mengembangkan kemajuan UMKM Manggleng,” jelas Dr. Adhianty Nurjanah,M.Si.

Setelah satu bulan melaksanakan program KKN, kelompok KKN IT 120 pada hari Selasa, 12 September 2021 resmi dilakukan penarikan setelah berjalannya semua program pengabdian yang telah terlaksana. Selain memberikan pelatihan pengelolaan Digital Marketing melalui WhatssApp, Instagram dan Shopee, KKN-PPM 120 turut memberikan hibah barang berupa Packaging Produk untuk UMKM Manggleng Zafih sesuai dengan kebutuhan mitra dan melakukan Inisiasi Desa Wisata yang ada di Soka Bantul dan memberikan hibah barang seperti permainan engrang, ayunan, kursi, meja, tempat sampah dan semen.

Ibu Tugiyati selaku pemilik UMKM Manggleng Zafih turut menyampaikan bahwa pelatihan dan pemberian hibah sangat bermanfaat sekali. Begitu juga dengan Bapak Samijan selaku RT 02 Dusun Soka juga turut menyampaikan bahwa dengan adanya Inisiasi Desa Wisata dan hibah barang sangat bermanfaat sekali untuk kemajuan RT 02 Dusun Soka ini.

“Mahasiswa UMY khususnya kelompok KKN 120 sangat semangat sekali membantu dan memberikan inovasi pada UMKM Manggleng Zafih dan Inisiasi Desa Wisata. Ibu Tugiyati mengatakan “Saya sekarang sudah punya toko di WhatssApp, Instagram dan Shopee semoga kedepannya akan meningkatkan penjualan kembali setelah pandemic”, tambahnya.

Melalui program Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) pada KKN IT UMY 120 ini menjadi solusi untuk kemajuan masyarakat agar semakin meningkatkan pengetahuan dan semakin berdaya yang ditunjukkan dengan UMKM semakin meningkat serta peningkatan pemesanan produk. Program pelatihan manajemen organisasi, pelatihan pembukuan, serta pelatihan digital marketing, dan pemberian hibah adalah bentuk solusi dari Universitas Muhammadiyah Yogyakarta untuk tetap melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi dalam hal melakukan pengabdian kepada masyarakat. (ADV)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

Dosen UMY Optimalkan Potensi Bisnis untuk Atasi Permasalahan UMKM
Galeri Investasi FEB UMY Terbaik di DIY
Dosen UMY Kuatkan Organisasi PCA Ngampilan Melalui Komunikasi Organisasi dan Kesehatan Mental
Coblosan di TPS Khusus UMY, Pasangan Amin Unggul

Video Terbaru

Berita Lainnya

  1. Silaturahmi Idulfitri, Dirut Semen Gresik Ajak Karyawan dan Mitra Tetap Kompak
  2. Polisi Ungkap Penyebab Bus Haryanto Terbakar di Ring Road Sleman
  3. Foto Terduga Pembunuh Serlina Tersebar Luas, Polisi: Pelaku dan Korban Dekat
  4. Kementan Kucurkan Bantuan Alsintan Senilai Rp200 Miliar untuk Petani di Jatim

Berita Terbaru Lainnya

Adakan Pengabdian Masyarakat Tingkatkan Kinerja Organisasi Pimpinan Daerah Muhammadiyah Manggarai Barat
Dosen UMY Beri Pelatihan Masjid Ramah Disabilitas
KKN 207 UMY Bangun Motivasi UMKM di Ngijon Sleman
KKN 206 UMY Bantu Tata Kelola Pembukuan UMKM di Toglengan Sleman
UMY dan UMT Bekerja Sama Bantu UMKM di Kulonprogo
Bangkitnya Desa Wisata dan UMKM Di Dusun Soka RT 01 Bersama KKN IT 119 UMY
UMY Bantu Pria dengan Infertilitas untuk Mendapatkan Anak
UMY Teliti Efek Psikologis terhadap Infertilitas Pria Berat
UMY Identifikasi Kualitas Air pada Sistem Penyediaan Air Minum Pedesaan di Kulonprogo
UMY Bantu Budi daya Ikan Lele  Panti Asuhan Muhammadiyah Ahmad Dahlan Kokap