Sepakbola

Hadapi Singapura di Leg Kedua AFF 2020, Ini yang Harus Diperbaiki Timnas

Penulis: Indra Gunawan
Tanggal: 25 Desember 2021 - 16:27 WIB
Punggawa Timnas Indonesia berpose di hadapan fotografer sebelum bertanding melawan Timnas Singapura dalam pertandingan Semi Final Leg 1 Piala AFF 2020 di National Stadium, Singapura, Rabu (22/12/2021). ANTARA FOTO/Humas PSSI/app - rwa.

Harianjogja.com, JAKARTA – Penggawa skuad Garuda, Ramai Rumakiek, menyatakan pertandingan melawan Singapura di leg kedua semi final Piala AFF 2020 sedikit lebih sulit karena tim berjuluk The Lions tersebut berstatus sebagai tuan rumah. Tekanan dari para suporter Singapura akan menjadi tantangan tersendiri bagi Ramai dkk.

"Kami harus memperbaiki mental kami dan kami siap untuk menghadapi Singapura di leg kedua nanti," ujar Ramai yang absen di semifinal leg pertama karena akumulasi kartu kuning, dilansir dari laman resmi PSSI, Sabtu (25/12/2021).

Meski demikian, ia menegaskan kesiapannya untuk tampil di partai yang akan diselenggarakan di Stadion Nasional, berlangsung saat Hari Raya Natal, Sabtu (25/12/2021).

Selain itu, bagi Ramai, ini merupakan pengalaman pertamanya merayakan Natal di Skuad Timnas Indonesia. Bahkan di Hari Raya umat Kristiani tersebut, Ramai harus bertanding memperkuat Timnas Indonesia.

Ramai mengatakan hal itu bukan masalah untuknya. Ia juga yakin rekan-rekannya di Timnas Indonesia yang juga merayakan Natal akan tetap fokus dan mencurahkan 100 persen pikiran dan tenaga mereka untuk pertandingan melawan Singapura.

"Natal ini kami bermain membela negara. Mau itu Natal atau Tahun Baru, khususnya kami umat Kristiani, siap untuk pertandingan besok," kata Ramai.

Pada leg pertama, kedua tim berbagi skor imbang 1-1. Timnas Indonesia sempat unggul terlebih duku berkat gol Witan Sulaeman, tetapi berhasil dibalas oleh Ikhsan Fandi pada menit 70.

Meski Indonesia berstatus sebagai tim tamu di leg kesatu, tetapi tidak ada keuntungan gol tandang untuk tim Merah-Putih, karena aturan tersebut dihapuskan pada Piala AFF 2020 ini. Penyelenggaraan turnamen yang digelar terpusat di Singapura jadi alasan AFF menghilangkan aturan tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Berita Terkait

Timnas Indonesia vs China Skor 1-1, Penalti Figo Selamatkan Skuad Garuda
Timnas U-23 Indonesia Vs Turkmenistan 2-0, Selamat Datang Piala Asia!
Jadi Runner-up, 4 Pemain Timnas Indonesia Masuk Tim Terbaik Piala AFF U-23 2023
Hasil Final Piala AFF U-23: Indonesia Runner Up, Dikalahkan Vietnam Lewat Adu Penalti

Video Terbaru

Berita Lainnya

  1. Garuda Selangkah Lagi Menuju Paris, Ini Fakta tentang Olimpiade Melbourne 1956
  2. Satu Kemenangan Lagi menuju Olimpiade Paris, STY: Percayai Saya, Ikuti Saya!
  3. Koalisi Berkah Pecah, Hari Wuryanto Bakal Maju sebagai Calon Bupati Madiun 2024
  4. Garuda Muda Wajib Waspada, 3 Pemain Uzbekistan Bermain di Prancis dan Rusia

Berita Terbaru Lainnya

Lolos Olimpiade 2024, Timnas U-23 Sudah Ditunggu 'Musuh Besar' Begini Skenario Menghadapinya
Jika Juara Piala Asia U-23, Indonesia Akan Satu Grup dengan Israel di Olimpiade Paris
STY Sudah Prediksi Timnas U-23 Bisa Capai Semifinal Piala Asia 2024
Masuk Semifinal Piala Asia, Media Massa di Qatar Akui Kegigihan Indonesia
Hasil South Korea U-23 vs Indonesia U-23 Bawa Garuda Muda ke Semifinal, Begini Cara Erick Thohir Memotivasi Pemain di Ruang Ganti
Statistik Timnas Indonesia Melawan South Korea di Perempat Final Piala Asia, Memang Pantas Menang
Bantai Brighton & Hove Albion 0-4, Manchester City Tempel Terus Arsenal di Liga Inggris
Hasil South Korea U-23 vs Indonesia U-23 Skor Adu Penalti 10-11: Pratama Arhan Penentu Kemenangan Garuda Muda ke Semifinal Piala Asia
Dramatis, Garuda Muda Maju ke Semifinal Piala Asia usai Kalahkan Korsel Lewat Adu Penalti, Sejarah Baru Timnas Indonesia
Babak Kedua Indonesia vs Korsel, 2-2, Diwarnai 2 Kartu Merah, Korsel Paksa Garuda Muda Perpanjangan Waktu