HomeTekno

Informasi Gangguan Makan Bisa Diakses di Instagram

Oleh:Rezha Hadyan
23 Februari 2021 - 22:07 WIB

Logo Instagram - Istimewa

Harianjogja.com, JAKARTA - Instagram menambahkan akses khusus bagi pengguna yang membutuhkan informasi mengenai gangguan makan.

Menurut laporan The Verge pada Selasa (23/2/2021), apabila pengguna diketahui mencari tagar atau konten yang berpotensi terkait dengan gangguan makan, Instagram secara otomatis akan memandu pengguna tersebut ke sumber atau saluran bantuan yang disediakan oleh National Eating Disorders Association (NEDA) di AS, Inggris, Australia dan Kanada.

Sebelumnya, Instagram mengaburkan konten saat menemukan hasil pencarian terkait gangguan makan, namun kini akan mengarahkan pengguna ke sumber yang dirancang khusus untuk perilaku gangguan makan.

Instagram juga mengatakan berencana untuk menampilkan sumber jika seseorang mencoba berbagi konten terkait gangguan makan, atau jika seorang teman prihatin tentang sesuatu yang mereka lihat di unggahan dan ingin menawarkan dukungan.

Apa yang dilakukan oleh Instagram ini tidak jauh berbeda dengan apa yang dilakukan oleh TikTok. Namun, tidak seperti TikTok, Instagram tidak secara langsung menunjuk ke sumber khusus gangguan, meskipun ditampilkan dalam daftar umum saluran bantuan.

Saat ini, mencari konten yang terkait dengan gangguan makan akan membawa pengguna ke daftar saluran bantuan umum, yang tidak hanya mencakup NEDA tetapi juga National Alliance on Mental Illness, Veterans Crisis Line dan Trevor Project.

Namun, tangkapan layar Instagram memperlihatkan bahwa tombol dukungan akan secara khusus menampilkan kontak NEDA, bukan hanya menunjukkan seluruh daftar saluran bantuan yang tersedia.

Sebagai bagian dari program Pekan Kesadaran Gangguan Makan Nasional, Instagram juga mengatakan berencana untuk bekerja dengan para pemimpin masyarakat untuk menerbitkan Reel yang mendorong citra tubuh yang positif, melawan stigma berat badan dan stereotip berbahaya, dan menunjukkan bahwa semua tubuh layak dan pantas untuk dirayakan.

Sumber: JIBI/Bisnis Indonesia Tag: media sosial Editor: Budi Cahyana

Artikel Terkait
Ini Alasan Mengapa Tidak Ada Tombol Edit di Twitter 1 year ago
Dilaporkan Siwi Pramugari Garuda, Siapa Pemilik Akun @digeeembok? 1 year ago
Rencana Pemuatan Iklan di Whattsap Batal 1 year ago
Banyak yang Kecanduan Medsos, Kasus Depresi Makin tinggi 1 year ago
Teknologi dan Medsos Ternyata Berpengaruh pada Tren Rekrutmen Karyawan, Kok Bisa? 1 year ago

Berita Pilihan

Gara-Gara Tagar Instagram Down, Warganet Ramai-Ramai Kabur ke Twitter Koneksi Internetnya Dikeluhkan, Begini Jawaban Indihome Warganet Keluhkan Jaringan Indihome Down, Ganggu Kuliah Online dan WFH Selain LG, Ponsel Ini Lebih Dahulu Hengkang dari Indonesia Akunnya Diblokir, Trump Dikabarkan Akan Bikin Media Sosial Sendiri
Berita Terbaru
Di Google Ada Fitur yang Ingatkan Pengguna Tak Main HP Saat Berjalan  18 hours ago
Kelangkaan Material, Apple Tunda Produksi iPad dan MacBook 1 day ago
Muncul Anomali, NASA Tunda Penerbangan Helikopter Pertama di Mars 1 day ago
Google Setop Aplikasi Belanja 1 day ago
Sistem iOS Diadopsi Lebih dari 90 Persen Pengguna 2 days ago

Terpopuler

Microsoft : Mayoritas Komputer ber-Software Bajakan Terinfeksi Malware Resmi Meluncur, Ini Spesifikasi Galaxy Note 9 K Touch Lotus II Dibanderol Murah FOTO SELFIE : Ada 'Museum Selfie' di Tumblr Galaxy S5 Kemungkinan Chasisnya Dari Alumunium
Begini Cara Download Video Youtube Tanpa Aplikasi 2 days ago
Harga dan Kestabilan Jaringan Bikin 5G Belum Bisa Saingi Internet Rumah 4 days ago
Gara-Gara Tagar Instagram Down, Warganet Ramai-Ramai Kabur ke Twitter 5 days ago
Oppo dan Vivo Bakal Keluarkan Ponsel Lipat Tahun Ini 5 days ago
Koneksi Internetnya Dikeluhkan, Begini Jawaban Indihome 6 days ago