Advertisement

198 Ekor Kuda Berpacu di Piala Tiga Mahkota Seri 1 & Pertiwi Cup 2024

Jumali
Minggu, 28 April 2024 - 14:17 WIB
Abdul Hamied Razak
198 Ekor Kuda Berpacu di Piala Tiga Mahkota Seri 1 & Pertiwi Cup 2024 Para joki memacu kuda pacu pada gelaran Piala Tiga Mahkota Aeri 1 & Pertiwi Cup 2024, di Gelanggang Sultan Agung, Bantul, Minggu (28/4/2024) siang - Harian Jogja/Jumali

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Sebanyak 198 ekor kuda pacu ambil bagian dalam lomba Piala Tiga Mahkota Seri 1 & Pertiwi Cup 2024, di Gelanggang Sultan Agung, Bantul, Minggu (28/4/2024). Terdapat 21 kelas yang diperlombakan pada kompetisi tersebut.

Ketua Penyelenggara Piala Tiga Mahkota Seri I dan Pertiwi Cup 2024, Aryo PS Djojohadikusumo mengaku tidak menyangka jika animo baik penonton maupun peserta pada perlombaan kali ini sangat tinggi. Di mana, dari 25.000 lembar tiket yang dijual, semua habis dibeli oleh masyarakat yang hendak menonton perlombaan ini.

Advertisement

BACA JUGA: OTT Tidak Membuat Jera Pembuang Sampah Liar di Bantul, Ini Buktinya

"Selain itu, kami melihat gelaran ini juga cukup banyak melibatkan UMKM di wilayah ini. Sebab, ada 500 UMKM telah menghubungi kami untuk berperan serta di gelaran ini, tapi karena keterbatasan tempat kami hanya bisa menyediakan untuk 300 UMKM," kata Aryo, Minggu (28/4/2024).

Mengenai peserta perlombaan, diakui Aryo, ada 10 pemprov Pordasi yang ambil bagian. Kesepuluh Pemprov tersebut adalah DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, NTT, Sumatera Barat, Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan Sulawesi Utara dan Maluku. Sementara total panitia yang dikerahkan ada sebanyak 1.300 orang pada ajang lomba pacu kuda dengan total hadiah Rp1,2 miliar tersebut.

"Untuk persiapan sendiri kami berjalan sebulan. Dan, alhamdulillah, dukungan sponsor cukup baik, sehingga membuat kami ke depan harus membuat event lebih baik lagi," papar keponakan dari Presiden Prabowo Subianto ini.

Sementara Ketua Pengda Pordasi DIY Harsoyo mengaku bangga dan senang karena untuk kali kedua menjadi tuan rumah Piala Tiga Mahkota Aeri 1 & Pertiwi Cup. Sebelumnya, Gelanggang Pacu Kuda Sultan Agung Bantul sempat menjadi tempat digelarnya Piala Tiga Mahkota Pordasi Seri 2 dan Piala Pertiwi 2023, pada Minggu (21/5/2023). Pada 2023 tersebut ada sebanyak 191 ekor kuda berlomba pada 22 kelas yang diperlombakan pada gelaran tersebut.

"Karena itu, kami sudah persiapkan semua, baik sarana dan prasarana. Harapan kami, apa yang kami lakukan bisa memuaskan semua yang terlibat dalam event ini," papar Harsoyo.

Bupati Bantul Abdul Halim Muslih mengungkapkan jika Piala Tiga Mahkota Seri I dan Pertiwi Cup 2024 adalah event yang luar biasa. Karena Bantul sebagai lokasi pelaksanaan perlombaan kuda pacu tersebut.

BACA JUGA: Harga Tiket Masuk Museum Ullen Sentalu, Lokasi dan Jam Buka

"Kuda-kuda terbaik nasional berkumpul disini. Hari ini, untuk memamerkan kekuatan dan ketangkasannya. Saya menyampaikan terimakasih dan apresiasi kepada Pordasi, baik pusat dan daerah yang beri kepercayaan kepada Bantul sebagai lokus pelaksanaan perlombaan," katanya.

Menurut Halim, pelaksanaan Piala Tiga Mahkota Seri I dan Pertiwi Cup 2024 di Bantul telah menunjukkan jika Bantul sangat potensial untuk dikembangkan untuk even pacuan kuda nasional dan internasional. Sebab, Bantul memiliki venue yang baik.

"Tinggal bagaimana nanti pemerintah bersama dengan Pordasi bisa mengembangkan venue pacuan kuda yang dipandang baik ini lebih representatif. Perlu ada perbaikan, baik di lintas pacu kuda dan tribun penonton. InsyaAllah jadi agenda kita kedepan, untuk pacuan kuda nasional di Bantul ini," ucap Halim.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

143 Negara Mendukung Palestina jadi Anggota Penuh PBB, 9 Menolak dan 25 Abstain

News
| Sabtu, 11 Mei 2024, 11:57 WIB

Advertisement

alt

Menilik Jembatan Lengkung Zhaozhou Tertua di Dunia

Wisata
| Jum'at, 10 Mei 2024, 10:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement