HomeJogjapolitan

Sleman Punya Sunmor Baru, di Sini Tempatnya

Oleh:Abdul Hamied Razak
23 Januari 2022 - 20:47 WIB

Sunday Morning (Sunmor) di Kalurahan Sendangadi, Kapanewon Mlati, Sleman. - Harian Jogja/Abdul Hamid Razak

Harianjogja.com, SLEMAN—Kalurahan Sendangadi, Kapanewon Mlati, Sleman, menggelar kegiatan Sunday Morning (Sunmor) yang akan diadakan rutin setiap Minggu di Lapangan Sendangadi.

Ketua Pelaksana Sunmor Sendangadi Jami Hermanto mengatakan kegiatan tersebut bertujuan untuk menggerakkan kembali perekonomian masyarakat yang sudah lama terhenti akibat pandemi Covid-19. Forkom UMKM Sendangadi pun menggelar Sunmor Ngawiji.

BACA JUGA: Ayam Tiren di Bantul Dijual ke Sejumlah Pasar Tradisional di Jogja, Ini Lokasinya

Kegiatan tersebut diikuti lebih dari 96 stan, baik produk kuliner, kerajinan, fesyen, serta tanaman. Semua peserta merupakan anggota UMKM dari ratusan anggota yang sudah terdaftar dalam Forkom UMKM. "Kegiatan ini kami gelar rutin di lapangan karena lokasinya strategis. Kegiatan ini kami gelar untuk menggerakkan perekonomian masyarakat," katanya di sela-sela kegiatan, Minggu (23/1/2022).

Selain diisi dengan berbagai produk UKM di Sendangadi, kegiatan Sunmor juga terus berkolaborasi dengan instansi lainnya. Hal itu dilakukan untuk menyemarakkan aktivitas Sunmor sebagai sarana hiburan masyarakat. "Hari ini kami menggelar lomba mewarnai, aksi donor darah dan menampilkan atraksi budaya," kata Jami.

Lurah Sendangadi Sugengno mengatakan selain Sunmor Ngawiji yang digelar di Lapangan Sendangadi, kegiatan yang sama juga digelar di kompleks Masjid Wahidin setiap Jumat. "Kami ingin mengangkat UMKM karena sejak pandemi mengalami stagnasi. Kami mencoba mengangkat kembali perekonomian masyarakat. Ada sekitar 600 pelaku UMKM tetapi yang bergabung baru sekitar 100 UMKM," katanya.

BACA JUGA: Fantastis! Parkir Bus Wisata di Jogja Raup Rp1,2 Juta Sehari

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Sleman R. Haris Murtopo menilai kegiatan tersebut menjadi ajang promosi serta ruang pamer untuk menggerakkan roda ekomomi masyarakat di tengah pandemi. Haris mengingatkan agar pelaksanaan Sunmor tetap menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 secara ketat.

"Kami berharap kegiatan ini bisa menjalin kemitraan dengan perusahaan sekitar agar mampu menaikkan kelas UMKM baik dari segi produksi, kemasan maupun marketing digital," katanya.

 

 

Tag: ekonomi Editor: Budi Cahyana

Artikel Terkait
Setelah Lebaran, Warga Jogja Makin Ramai Beli Emas 23 hours ago
Bersama Para Menteri dan Tiga Gubernur, Menko Airlangga Dorong Percepatan Pembangunan di 3 Kawasan 1 week ago
Airlangga Optimistis Pertumbuhan Ekonomi Tetap Tinggi Sepanjang 2022 1 week ago
Pemerintah Perbolehkan Mudik, Perekonomian Diprediksi Kian Membaik 2 weeks ago
Buruh Bagian Penting Perekonomian Nasional 2 weeks ago

Berita Pilihan

Cakupan Jaminan Kesehatan di Sleman Tembus 95,79%, Lampaui Nasional Pedagang Daging di Kulonprogo Jualannya Turun, Imbas PMK? DPC PDIP Kota Jogja: Ibu Mega Inspiratif & Membanggakan Rakyat Indonesia Kota Jogja Kelola Sampah dengan Sambal Pedas Terasi Kompetisi Digital Bisa Percepat Penerapan Sekolah Pintar
Berita Terbaru
Bakpia Mendadak Trending, Keberadaan Varian Kukus Diributkan 19 minutes ago
Hafiz Ungkap Tips Mempertahankan Hafalan 59 minutes ago
UNY Latih Alumni Siswa Calon Ayah-Ibu Mahir Arsip Keluarga 1 hour ago
Mengenal Pangan Lokal untuk Kesehatan 1 hour ago
Merapi Muntahkan Lagi Awan Panas Sejauh 2,5 Kilometer 1 hour ago

Terpopuler

Bus Rombongan Takziah Terguling di Gamping, Satu Meninggal Bus Sekolah di Gunungkidul Penuh, Ada Siswa Menangis Tak Kebagian 1 Penumpang Tewas Akibat Bus Terguling di Sleman, Ini Videonya... Tega, Pemuda di Kulonprogo Tipu Teman SMP Rp50 Juta Belasan Warga Sleman Gagal Berangkat Haji Tahun Ini Gegara Terganjal Usia
200.000 Anak Muda Diajak Belajar Teknologi Digital Secara Gratis 2 hours ago
Cek Jadwal KRL Jogja-Solo, Termalam 20.22 WIB dari Lempuyangan 3 hours ago
Menguatkan Ruang dan Kesempatan Kelompok Difabel dalam Pesta Demokrasi 4 hours ago
Tidak Ada Klithih Apabila Remaja Berteater 5 hours ago
Panitia Muswil VII Buka Pendaftaran Calon Ketua MPW Pemuda Pancasila DIY 6 hours ago