News

Genjot Potensi Lokal dan Peningkatan SDM, BOB Gelar Pelatihan Pengolahan Kuliner dan Kopi

Penulis: Jalu Rahman Dewantara
Tanggal: 08 September 2019 - 07:17 WIB
Para peserta mendengarkan paparan materi dalam pelatihan pengolahan kuliner dan kopi di obyek wisata De Loano Glamping, Desa Sedayu, Kecamatan Loano, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, Sabtu (7/9/2019). - Harian Jogja/Jalu Rahman Dewantara

Harianjogja.com, PURWOREJO- Badan Otorita Borobudur (BOB) berupaya mengembangkan potensi lokal dan meningkatkan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang ada di zona otorita BOB dengan gencar menggelar pelbagai jenis pelatihan. Salah satunya seperti pelatihan yang mereka adakan di obyek wisata De Loano Glamping, Desa Sedayu, Kecamatan Loano, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, Sabtu (7/9/2019).

Di lokasi tersebut, BOB menggelar pelatihan peningkatan pelayanan desa wisata yang berfokus pada penyajian kuliner dan pengolahan kopi. Kegiatan ini diikuti oleh 30 peserta yang terdiri dari pengelola desa wisata, pelaku usaha kopi dan petani kopi. Mereka berasal dari beberapa desa di tiga kabupaten yaitu Kabupaten Kulonprogo (DIY), Magelang dan Purworejo (Jawa Tengah).

Materi yang disajikan dalam pelatihan ini meliputi pengetahuan tentang usaha makanan dan minuman, penanganan peralatan memasak berdasarkan kesehatan, keamanan dan keselamatan kerja (K3), pelayanan prima, dan tata cara menyajikan kopi yang baik dan benar. Pelatihan diisi oleh dua pemateri dari Program Studi Manajemen Tata Hidangan, Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung, Hanna Daniati dan Nandang Suhada.

Direktur Industri Pariwisata dan Kelembagaan Kepariwisataan BOB, Bisma Jatmika, mengatakan banyak potensi yang sebenarnya bisa dikembangkan dan terintegrasi dengan kawasan wisata yang saat ini mereka kelola di zona otorita. Dari sekian potensi, kopi dipilih karena menurutnya komoditas ini memiliki daya tarik bagi wisatawan. Sayangnya, potensi tersebut belum dikembangkan secara baik oleh masyarakat. Oleh karenanya, pelatihan diselenggarakan agar masyarakat tahu cara-cara mengembangkan potensi tersebut.

Setelah mengikuti pelatihan ini, diharapkan kualitas kopi yang masyarakat produksi, baik dari segi rasa ataupun kemasan dapat meningkat, sehingga komoditas tersebut bisa benar-benar menarik minat wisatawan. Peserta yang sudah dapat pelatihan ini juga diharapkan bisa menularkan ilmu ke rekan-rekannya. "Kelompok yang benar-benar sudah mumpuni akan melatih kelompok-kelompok lain yang masih berkembang," ujar Bisma.

Bisma menyatakan, pelatihan ini merupakan pilot project. Sebelumnya pihaknya telah memetakan potensi apa saja yang bisa dikembangkan. Mulai dari kuliner, seni, atraksi alam hingga wisata edukatif. Ke depan, pelatihan serupa juga akan diselenggarakan tapi dengan sasaran yang berbeda. "Selain memberi pelatihan, kami juga melakukan pendampingan lebih lanjut agar peserta dapat benar-benar menerapkan ilmu yang telah diperoleh," ujarnya.

Salah satu peserta pelatihan dari Desa Gerbosari, Kecamatan Samigaluh, Windarno, mengaku senang dengan adanya pelatihan ini karena telah menambah pengetahuannya ihwal tata cara mengolah kopi yang baik dan benar. Penyaji tidak hanya mengutamakan rasa, tapi juga pelayanan kepada konsumen, dan kebersihan alat pengolah kopi.

"Yang pasti wawasan dan pengalaman jadi bertambah, karena prinsipnya kalau saya memang selalu ingin belajar dari siapapun," kata pria yang merupakan petani kopi sekaligus pemilik Kedai Kopi Suroloyo tersebut.

Windarno berharap selain mendapat pelatihan, BOB bisa memberikan ruang bagi para petani kopi untuk memasarkan produk mereka di lokasi wisata yang dikelola lembaga tersebut. Menurutnya jika sudah gabung dengan BOB, pemasaran produknya akan lebih gampang. "Yang jelas kalau sudah gabung sama BOB kayaknya besok juga sampai ke internasional," ujarnya.

Di tempat yang sama BOB juga mengadakan talkshow bertema Peran Industri Pariwisata dalam Pencapaian Target Kunjungan 2 Juta Wisatawan Mancanegara di kawasan Jogja Solo dan Semarang (Joglosemar). Narasumber kegiatan ini yaitu Joko Budiyanto dari kalangan Akademisi; Joko Kustoro, Asita DIY, dan Agus Rochiardi, selaku Direktur Pemasaran Pariwisata BOB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BOB Memaparkan 3 Program Utamanya di Sektor Pariwisata
Badan Otorita Borobudur  Bangun Toilet Baru di 3 Desa Wisata
Lampaui Target, 600-an Peserta Bakal Berpartisipasi dalam BOB Sunset Run 2023
BOB Sunset Run, Sport Tourism Terbesar Digelar di Pantai Baros

Video Terbaru

Berita Lainnya

  1. Golkar Persilakan Bupati Kendal Dico Maju Cagub Jateng
  2. Libur Panjang di Depan Mata, Cek Jadwal KRL Solo-Jogja Hari Ini
  3. Sistem E-Katalog Terbaru LKPP Meluncur, Bisa Lacak Pengiriman dan Pembayaran
  4. Aktif Blusukan ke Masyarakat, Sudaryono Mantap Maju Cagub Jateng

Berita Terbaru Lainnya

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar
UU DKJ Disahkan, Sebentar Lagi Jakarta Bakal Melepas Status Ibu Kota
Ini Profil Keseharian Harvey Moeis Suami Sandra Dewi yang Terseret Korupsi PT Timah
Kejagung Bongkar Kasus Korupsi PT Timah Menyeret Harvey Moeis, Ini Komentar Kementerian BUMN
Puan Maharani Kian Buka Peluang Megawati Gelar Rekonsiliasi dengan Prabowo
Petinggi Freeport Temui Jokowi, Ini yang Dibahas
Jatah Menteri Bakal Berkurang karena PDIP Diajak Masuk Kabinet, Golkar Bilang Begini
Pemulangan Enam Jenazah ABK WNI dari Jepang Dilakukan Bertahap
Tiga Hari Hilang, 6 Orang Korban Ambruknya Jembatan Baltimore Belum Ditemukan
Viral Polisi Tembak dan Serang DC, APPI Jelaskan Duduk Permasalahannya