Pengabdian UMY

PKM UMY Bantu Rancang Pendirian Pos Kamling di Nologaten

Penulis: Media Digital
Tanggal: 01 Mei 2021 - 21:47 WIB
Program Kemitraan Masyarakat (PKM) UMY dengan kegiatan bertema Perancangan dan Pengawasan Pelaksanaan Pembangunan Pos Kamling untuk Keamanan dan Pemantauan Covid-19 di Dusun Nologaten RW4, Caturtunggal, Depok, Sleman. - Istimewa

Harianjogja.com, SLEMAN—Anita Rahmawati ST., MSc., dosen Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) mengisi Program Kemitraan Masyarakat (PKM) dengan kegiatan bertema Perancangan dan Pengawasan Pelaksanaan Pembangunan Pos Kamling untuk Keamanan dan Pemantauan Covid-19 di Dusun Nologaten RW4, Caturtunggal, Depok, Sleman.

Kegiatan ini melibatkan 20 masyarkat Nologaten RW 04 Caturtunggal.

“Tujuan kami adalah membantu Pengurus RW 04 Dusun Nologaten dalam mewujudkan pos kamling yang mempunyai luas 6,1 x 6,1 m2 dalam bentuk perencanaan pembangunan pos kamling baik berupa bantuan konsultasi teknis sebelum pelaksanaan  dan selama pelaksanaan,” kata Anita.

Metode pelaksanaan kegiatan yang dilakukan meliputi proses perancangan struktur dan proses pendampingan selama pembangunan yang dilakukan. Tahapan  kegiatan  pengabdian  kepada  masyarakat  yang  dilaksanakan  adalah  pertemuan dengan Pengurus RW 04 untuk mendiskusikan perencanaan dan pelaksanaan pembangunan Poskamling di Dusun Nologaten RW 04 Caturtunggal Depok Sleman. Kemudian survei lokasi, untuk mengetahui posisi dimana poskamling ini mau dibangun, survei dilakukan secara bersama-sama dengan masyarakat, hal ini dikarenakan pembangunan poskamling ini akan dilakukan secara gotong royong bersama semua warga masyarakat.

Tahap perencanaan yang berupa penggambaran struktur dan penghitungan biaya pembangunan sesuai dengan SNI  1727:2013  tentang beban  minimum  untuk perancangan  bangunan  gedung  dan struktur lain.

Tahap pelaksanaan, setelah tahap perancanagan selesai dan disepakati oleh semua pihak maka dilanjutkan ke tahap pelaksanaan. Disini biaya untuk mewujudkan rencana pembangunan poskamling tersebut diharapkan dari swadaya masyarakat dan para donator dari berbagai kalangan.

“Tim Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) Program Studi Teknik Sipil Universitas Muhammadiyah Yogyakarta telah membantu proses perancangan dan proses pelaksanaan pembangunan pembangunan poskamling di Nologaten, Caturtunggal, Depok, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Dari proses perancangan telah dihasilkan gambar desain bangunan poskamling. Dari proses pembangunan, Tim PkM memberikan bantuan pendampingan selama pelaksanaan. Dengan selesainya PKM pembangunan poskamling ini, maka diharapkan pelaksaan penjagaan kemaanan seperti ronda dan penjaagaan terkait akses keluar masuknya orang ke kampung Nologaten jadi lebih mudah dan nyaman,” ujar Anita. (ADV)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

Dosen UMY Optimalkan Potensi Bisnis untuk Atasi Permasalahan UMKM
Galeri Investasi FEB UMY Terbaik di DIY
Dosen UMY Kuatkan Organisasi PCA Ngampilan Melalui Komunikasi Organisasi dan Kesehatan Mental
Coblosan di TPS Khusus UMY, Pasangan Amin Unggul

Video Terbaru

Berita Lainnya

  1. Orlando Magic Menang Telak 121-83 atas Cleveland Cavaliers
  2. Program Padat Karya di Bantul Diklaim Serap 8.000 Tenaga Kerja
  3. Mulai Unduh Video Instagram Tanpa Ribet dengan SSSgram Sekarang!
  4. Bawaslu Prioritaskan Eks Panwascam Pemilu 2024 Direkrut untuk Pilkada Sukoharjo

Berita Terbaru Lainnya

Adakan Pengabdian Masyarakat Tingkatkan Kinerja Organisasi Pimpinan Daerah Muhammadiyah Manggarai Barat
Dosen UMY Beri Pelatihan Masjid Ramah Disabilitas
KKN 207 UMY Bangun Motivasi UMKM di Ngijon Sleman
KKN 206 UMY Bantu Tata Kelola Pembukuan UMKM di Toglengan Sleman
UMY dan UMT Bekerja Sama Bantu UMKM di Kulonprogo
Bangkitnya Desa Wisata dan UMKM Di Dusun Soka RT 01 Bersama KKN IT 119 UMY
UMY Bantu Pria dengan Infertilitas untuk Mendapatkan Anak
UMY Teliti Efek Psikologis terhadap Infertilitas Pria Berat
UMY Identifikasi Kualitas Air pada Sistem Penyediaan Air Minum Pedesaan di Kulonprogo
UMY Bantu Budi daya Ikan Lele  Panti Asuhan Muhammadiyah Ahmad Dahlan Kokap