Pengabdian UMY

UMY Tingkatkan Pemasaran UMKM Totebag dan Tas Batik Melalui Medsos

Penulis: Media Digital
Tanggal: 14 Juli 2021 - 18:27 WIB
Peningkatan Pemasaran UMKM Totebag dan Tas Batik Melalui Promosi Media Sosial di Wilayah Tamantirto dan Kesehatan Kerja Masa Era Pandemi Covid-19. - Istimewa

Harianjogja.com, BANTUL—Titiek Hidayati, dosen Kesehatan Masyarakat dan Kedokteran Keluarga, Program Studi Pendidikan Dokter (PSPD), Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), membimbing Program Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) yang mengangkat tema “Peningkatan Pemasaran UMKM Totebag dan Tas Batik Melalui Promosi Media Sosial di Wilayah Tamantirto dan Kesehatan Kerja Masa Era Pandemi Covid-19”

Pengabdian ini berlangsung di Tamantirto, Kasihan, Bantul, Yogyakarta, pada 23-25 April 2021 dan diikuti pemilik dan pekerja di UMKM Totebag dan Tas Batik. “Tujuan kami adalah untuk membantu para mitra terutama pada permasalahan teknik marketing dan pengiklanan produk melalui sosial media agar mampu meningkatkan  pendapatan UMKM selama masa pandemi Covid-19 serta membantu agar mitra dapat menerapkan kesehatan dan keselamatan kerja dalam usaha yang dijalankan sehingga dapat mengurangi risiko terjadinya kecelakaan dan kesakitan akibat kerja," kata Titiek melalui keterangan tertulis kepada Harian Jogja.

Meskipun telah terjadi pandemi Covid 19, namun tidak menyurutkan langkah mitra dalam mengemban ilmu. Pelatihan ini membutuhkan kegiatan yang memerlukan demostrasi membuat akun media sosial dan e-commerse. Pemasaran produk dapat diiklankan melalui beberapa e-commerse dan juga media sosial. Acara penyuluhan dan pelatihan berlangsung dengan protokol kesehatan Covid 19. Protokol tersebut yaitu pelaksanaan di ruangan yang cukup luas milik mitra, jumlah peserta adalah 20 orang, sehingga para peserta dapat menjaga jarak/physical distancing. Sebelum dan setelah pelaksanaan tempat sudah dibersihkan. Saat pelaksanaan penyuluhan, pembicara dan peserta selalu mengenakan masker untuk mencegah penularan melalui air liur dan udara, selain itu makanan dibawa pulang untuk menghindarai keterpaksaan membuka masker saat penyuluhan. Metoda penyuluhan yaitu menggunakan audiovisual untuk menampilkan media power point dan video, setelah selesai penyuluhan dilakukan diskusi. Evaluasi kefahaman dilakukan dengan memberikan pertanyaan sehingga dapat mengukur tingkat peningkatan kefahaman setelah dilakukan penyuluhan, pelatihan dan diskusi.

Muatan presentasi power point adalah tentang bagaimana cara penggunaan media sosial serta pemasaran online shop melalui e-commerse. Sedangkan video berisi tentang bagaimana cara mengupload barang pada media-media penjualan, mempromosikan produk-produk melalui media sosial. “Peserta menginginkan adanya penyuluhan dan pelatihan serupa tentang bagaimana cara mengembangkan usaha sehingga dapat meningkatkan pengetahuan dan kemampuan agar produksi barang dapat dilakukan secara efektif dan efisien,” kata Titiek. Sasaran program ini adalah mitra UMKM Totebag dan Tas Batik sehingga penyuluhan ini dapat meningkatkan pengetahuan tentang pemasaran produk dan kesehatan keselamatn kerja agar dapat meningkatkan produksi dan keuntungan dengan menerapkan kerja yang ergonomis sehingga para pekerja dapat terlindungi dan proses produksi dapat berjalan dengan baik.

Menurut Titiek, pengetahuan dan ketrampilan masyarakat tentang bagaimana memanfaatkan media sosial dalam promosi dan pemasaran produk serta penerapan kesehatan keselamatan kerja dalam usaha masih perlu ditingkatkan. Hal ini dapat diketahui dengan cara memberikan pertanyaan-pertanyaan sebelum penyuluhan atau program dilaksanakan. “Program pemberdayaan masyarakat  ke depan diharapkan dapat mencari metode yang lebih sesuai dan sering untuk pemberdayaan di masyarakat,” ujar dia. (Adv)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

Dosen UMY Optimalkan Potensi Bisnis untuk Atasi Permasalahan UMKM
Galeri Investasi FEB UMY Terbaik di DIY
Dosen UMY Kuatkan Organisasi PCA Ngampilan Melalui Komunikasi Organisasi dan Kesehatan Mental
Coblosan di TPS Khusus UMY, Pasangan Amin Unggul

Video Terbaru

Berita Lainnya

  1. Koalisi Berkah Pecah, Hari Wuryanto Bakal Maju sebagai Calon Bupati Madiun 2024
  2. Garuda Muda Layak Waspada, 3 Pemain Uzbekistan Bermain di Prancis dan Rusia
  3. Uzbekistan jadi Lawan Garuda Muda di Semifinal setelah Kandaskan Arab Saudi 2-0
  4. Tangis Kecil Erick Thohir Iringi Sukses Timnas U23 ke Semifinal Piala Asia U-23

Berita Terbaru Lainnya

Adakan Pengabdian Masyarakat Tingkatkan Kinerja Organisasi Pimpinan Daerah Muhammadiyah Manggarai Barat
Dosen UMY Beri Pelatihan Masjid Ramah Disabilitas
KKN 207 UMY Bangun Motivasi UMKM di Ngijon Sleman
KKN 206 UMY Bantu Tata Kelola Pembukuan UMKM di Toglengan Sleman
UMY dan UMT Bekerja Sama Bantu UMKM di Kulonprogo
Bangkitnya Desa Wisata dan UMKM Di Dusun Soka RT 01 Bersama KKN IT 119 UMY
UMY Bantu Pria dengan Infertilitas untuk Mendapatkan Anak
UMY Teliti Efek Psikologis terhadap Infertilitas Pria Berat
UMY Identifikasi Kualitas Air pada Sistem Penyediaan Air Minum Pedesaan di Kulonprogo
UMY Bantu Budi daya Ikan Lele  Panti Asuhan Muhammadiyah Ahmad Dahlan Kokap